Analisis Iklan Minuman Pocari Sweet
Pocari Sweat (ポカリスエット Pokari Suetto) merupakan salah satu minuman ringan dan minuman olahraga terpopuler di Jepang, diproduksi oleh Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd. Minuman ini pertama kali dijual pada tahun 1980. Di luar Jepang juga dijual pada daerah Asia Timur, Asia Tenggara dan Timur Tengah.
MENGAPA HARUS POCARI SWEET?
- Pocari Sweat dibuat berdasarkan penelitian ilmiah, sehingga komposisinya terukur dan mirip dengan cairan tubuh. Hal ini juga menyebabkan Pocari Sweat dapat diserap lebih cepat dan lebih baik daripada air biasa.
- Karena cepat diserap tubuh, Pocari Sweat cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang.
- Pocari Sweat tidak mengandung pengawet, pemanis buatan, soda ataupun kafein, sehingga aman untuk dikonsumsi.
- Minum Pocari Sweat agar cairan tubuh tetap terjaga. POCARI SWEAT minuman isotonik yang aman dan terukur.
ANALISIS IKLAN
1. Informatif
POCARI
SWEAT adalah minuman isotonik sebagai pengganti cairan tubuh yang
hilang. Komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh
dengan kandungan elektrolit yang seimbang, sehingga dapat diserap lebih
cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa, sehingga dapat
mencegah terjadinya dehidrasi berat. Selain itu, dengan kelebihan
tersebut, POCARI SWEAT dapat mengembalikan cairan tubuh secara
menyeluruh sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat.
Minuman Pocari Sweat semakin gencar menyerbu pasaran dengan kelebihan-kelebihan yang berusaha ditonjolkan.Iklan
Pocari Sweat sendiri berusaha menampilakan gambaran bahwa manusia
membutuhkan ion untuk menjaga kelembaban kulit, membantu menyembuhkan
metabolisme tubuh yang rusak, ion tubuh bisa hilang saat tidur,
berkeringat, maupun menangis. Bila ditelusur lebih jauh, sebenarnya
kebutuhan dasar kita adalah untuk minum. Sebenarnya cukup dengan air
putih.Iklan
Pocari Sweat memberikan suatu standarisasi tersendiri, berupa pemikiran
bahwa tubuh selalu kehilangan cairan yang tidak dapat digantikan oleh
air biasa. Dibutuhkan cairan isotonik khusus yang dapat menggantikan
cairan tersebut, sehingga kita dapat tetap melakukan segala aktivitas
dengan lancar.
3. Reminder
Minuman Pocari Sweat semakin laku dipasaran dengan adaya kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh minuman isotonik lain.Dalam iklan Pocari orang lupa bahwa juga telah melihat banyak produl atau iklan serupa. Setiap kali mereka melihat iklan Pocari, banyak yang merasa iklan tersebut berbeda dengan iklan yang telah mereka lihat sebelumnya. Padahal Pocari memiliki banyak sekali iklan. Mereka sering mengganti iklan yang telah beredar di masyarakat dan menyesuaikannya dengan keinginan pasar atau budaya seperti apa yang tengah tenar dimasyarakat dan dapat mereka gunakan dalam iklan.
4. Adding Value
Pesaing-pesaing
Pocari Sweat muncul dengan menawarkan minuman isotonic dengan berbagai
merk seperti Mizone, Vitazone, Isotonic, dll. Commodity fetishism
terjadi ketika orang merasa harus membeli minuman isotonic dengan merek
Pocari Sweat diantara banyak pilihan atau pesaing yang lain. Commodity
fetishism adalah pemujaan terhadap benda produksi.
Keunggulan Pocari Sweet dibandingkan dengan produk minuman isotonik yang lain adalh Pocari
Sweat mempunyai rasa ringan, relatif ringan, minuman manis berkarbonasi
dan diiklankan sebagai “minuman pengganti ion dalam tubuh”. Memiliki
rasa jeruk ringan dengan sedikit sensasi. Bahan komposisinya adalah air, gula, asam sitrat, natrium sitrat, natrium klorida, kalium klorida, kalsium laktat, magnesium karbonat dan rasa. Serta dijual dalam bentuk cairan, dapat dalam bentuk aluminium dan botol plastik namun ada juga yang dalam bentuk serbuk.
Iklan
Pocari Sweat juga terstandarisasi dalam hal isi iklan tersebut. pocari
memiliki target pasar yakni anak-anak muda, olahragawan yang panda
intinya minuman ini tidak hanya ditujukan bagi orang sakit. Sebab
sebagian besar masyarakat masih beranggapan bahwa minuman isotonik hanya
dibutuhkan oleh mereka yang sedang sakit.Oleh
sebab itu iklan-iklan Pocari selalu menampilkan anak-anak muda yang
sehat dan aktif. Pocari juga mengusung JKT 48 sebagai icon prodak
mereka. Sebab JKT 48 kemungkinan besar dirasa cukup mampu
merepresentasikan anak muda yang aktif dan sehat. Mereka ditampilkan
sebagai sosok anak muda yang catik penuh semangat serta aktif. Icon-icon
lain juga merepresentasikan hal yang serupa. Pesan yang disampaikanpun
jelas yakni minuman tersebut ditujukan sebagai pengganti cairan tubuh
yang hilang setelah beraktifitas.
Contoh iklan pocari sweet
Best casino site for US players | LuckyClub
BalasHapusCasino site: Our expert review of online casino sites that offer a free welcome bonus, Our rating is based on the number of users who sign up luckyclub.live for a